Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Tata Cara dan Adabnya

Doa Masuk dan Keluar Masjid

doa masuk dan keluar masjid

Doa masuk masjid dan keluar masjid, Masjid (mesjid) adalah rumah tempat ibadah umat Islam. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Sesuai sunnah, alangkah lebih baik saat pergi ke masjid membaca doa terlebih dahulu. Lalu bagaimana bacaan doa masuk dan keluar masjid ? Berikut doa yang dapat Anda hafalkan dan amalkan.

Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHMATIKA

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa diatas dibaca pada saat masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan, kemudian ketika hendak keluar dari masjid dengan membaca doa keluar masjid dibawah ini.

Doa Keluar Masjid

doa keluar masjid

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

ALLOHUMMA INNIII AS’ALUKA MIN FADLLIKA

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Seperti halnya dengan Doa masuk masjid doa keluar masjid pun dengan mendahulukan kaki kanan. berikut ini adalah hadist tentang anjuran membaca doa pada saat masuk dan keluar masjid sebagai mana terdapat dalam hadits Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713)

Baca juga: Doa Pembuka Rezeki dan Minta Dilancarkan Usaha

Etika / Adab Ketika di Dalam Masjid

adab ketika berada didalam masjid

1. Berdoa saat pergi ke masjid

Hadist Ibnu Abbas menyebutkan, “Adalah Rasulullah apabila ia keluar (rumah) pergi shalat (di masjid) berdoa, ‘Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku, dan cahaya pada lisanku, dan jadikanlah cahaya pada pendengaranku, dan jadikanlah cahaya dari belakangku, dan cahaya dari depanku, dan jadikanlah cahaya dari atasku dan cahaya dari bawahku. Ya Allah, anugerahilah aku cahaya dari bawahku. Ya Allah anugerahilah aku cahaya’,” (Muttafaq’alaih)

2. Berjalan menuju masjid untuk shalat dengan tenang dan khidmat

Rasulullah bersabda, “Apabila shalat telah diqamatkan, maka janganlah kamu datang menujunya dengan berlari, tetapi datanglah kepadanya dengan berjalan dan memperhatikan ketenangan. Maka apa (bagian shalat) yang kamu dapati ikutilah dan yang tertinggal sempurnakanlah,” (Muttafaq’alaih)

3. Berdoa ketika masuk dan keluar masjid

Disunnahkan bagi orang yang masuk masjid mendahulukan kaki kanan, kemudian bersholawat kepada Nabi lalu mengucapkan “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmatmu.”

4. Disunnahkan melakukan shalat Tahiyatul Masjid bila telah masuk masjid

Rasulullah bersabda, “Apabila seseorang di antara kamu masuk masjid, hendaklah shalat dua rakaat sebelum duduk,” (Muttafaq’alaih)

5. Dilarang berjual-beli dan mengumumkan barang hilang di dalam masjid

Berdasarkan sabda Rasulullah, “Apabila kamu melihat orang yang menjual atau membeli sesuatu di dalam masjid, maka doakanlah, ‘Semoga Allah tidak memberi keuntungan bagimu’. Dan apabila kamu melihat orang yang mengumumkan barang hilang, maka doakanlah, ‘Semoga Allah tidak mengembalikan barangmu yang hilang’,” (HR At-Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

6. Dilarang masuk ke masjid bagi orang makan bawang putih, bawang merah, atau orang yang badannya tidak sedap

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yag memakan bawang putih, bawang merah, atau bawang daun, maka jangan sekali-kali mendekat ke masjid kami ini, karena malaikat merasa terganggu dari apa yang dengannya manusia terganggu,” (HR Muslim)

7. Dilarang keluar dari masjid sesudah adzan

Rasulullah bersabda, “Apabila muadzin telah adzan, maka jangan ada seorang pun yang keluar sebelum shalat,” (HR Al Baihaqi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

8. Tidak lewat di depan orang yang sedang shalat

Dan disunnatkan bagi orang yang shalat menaruh batas di depannya. Rasulullah bersabda, “Kalau sekiranya orang yang lewat di depan orang yang sedang shalat itu mengetahui dosa perbuatannya, niscaya ia berdiri dari jarak empat puluh itu lebih baik daripada lewat di depannya,” (Muttafaq’alaih)

9. Tidak menjadikan masjid sebagai jalan (masuk masjid hanya lewat tanpa shalat)

Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu menjadikan masjid sebagai jalan, kecuali (sebagai tempat) untuk berdzikir dan shalat,” (HR At Tabrani, dinilai hasan oleh Al Albani)

10. Tidak menyaringkan suara di dalam masjid dan tidak mengganggu orang yang sedang shalat

Di dalam masjid tidak boleh bersuara keras, karena dapat mengganggu kekhusyukan ibadah orang lain. Begitu pula dengan mengaktifkan handphone di saat shalat.

11. Hendaknya wanita tidak memakai parfum atau berhias bila akan pergi ke masjid

Rasulullah bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu (kaum wanita) ingin shalat di masjid, maka janganlah menyentuh parfum,” (HR Muslim)

12. Orang yang junub, wanita haid atau nifas tidak boleh masuk masjid

Allah berfirman, “(Dan jangan pula menghampiri masjid), sedang kamu dalam keadaan junub, kecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi,” (QS An Nisa: 43)

‘Aisyah meriwayatkan, bahwa Rasulullah telah bersabda kepadanya, “Ambilkan buat saya kain alas dari masjud.” Aisyah menjawab, “Sesungguhnya aku haid.” Nabi bersabda,”Sesungguhnya haidmu bukan di tanganmu,” (HR Muslim)

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan adab-adab saat berada di dalam masjid. Semoga kita selalu ingat dengan adab-adab di atas, dan tentu yang terpenting segera mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi: writinganythink.com

Dan itulah Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Etika Saat Berada Didalam Masjid, silahkan hafalkan doa-doa diatas dan amalkanlah doa tersebut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *