VIRUS COVID-19 MATI SAAT BERJEMUR? INI ALASANYA

Wabah virus corona yang masih terjadi di seluruh dunia menyebabkan ada banyaknya informasi yang tersebar terkait dengan penularan virus ini. Namun, tidak semua informasi tersebut benar. Bahkan, tidak sedikit yang justru menciptakan kekhawatiran.

Untuk menangkal nformasi ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga turut menyampaikan penjelasannya atas informasi-informasi yang tersebar di publik.

Berikut adalah beberapa informasi yang tersebar di publik berikut konfirmasi atau penjelasannya ;

  1. Cuaca panas dan salju dapat membunuh virus corona
    Tidak ada alasan untuk mempercayai informasi bahwa cuaca dingin dapat membunuh virus corona baru ini atau pun penyakit lain. SuhuSuhu tubuh manusia normal berkisar antara 36,5 derajat celsius hingga 37 derajat celsius terlepas dari suhu atau cuaca di luar.
  2. Mandi air panas dapat mencegah penyakit akibat virus corona
    Mandi dengan air panas tidak akan mencegah Anda dari Covid-19. Suhu tubuh normal tetap berkisar antara 36,5 derajat celsius hingga 37 derajat celsius terlepas dari pada suhu berapa Anda mandi. Sebenarnya, mandi dengan air panas terutama yang sangat panas justru dapat menjadi berbahaya. Sebab, air yang sangat panas justru dapat membakar tubuh.
  3. Virus corona dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk
    Hingga kini, belum ada bukti yang menjelaskan bahwa virus corona baru ini dapat ditularkan melalui nyamuk.Virus corona baru ini merupakan jenis virus pernapasan yang penyebaran utamanya melalui tetesan yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.
  4. Pengering tangan efektif membunuh virus corona
    Meskipun vaksin-vaksin yang ada tidak efektif untuk melawan Covid-19, vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat direkomendasikan untuk melindungi kesehatan
  5. Membilas hidung dengan cairan saline secara teratur dapat mencegah infeksi virus corona
    Tidak ada bukti yang menjelaskan bahwa membilas hidung menggunakan cairan saline dapat melindungi seseorang dari infeksi virus corona baru ini.
    Selain itu, ada bukti yang terbatas bahwa langkah tersebut dapat membantu orang sembuh lebih cepat dari flu biasa. Namun, membilas hidung belum terbukti dapat mencegah infeksi pernapasan.
  6. Memakan bawang dapat membantu mencegah infeksi virus corona
    Bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki beberapa karakter antimikrobial. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa memakan bawang putih dapat membantu orang dari virus corona baru ini.

Written By

firman